Kerugian Makan Tidak Teratur

Sering kali jam makan menjadi sesuatu hal yang tidak terlalu banyak mendapat perhatian. Banyak orang sibuk yang suka terlambat makan atau makan tidak teratur. Entah sibuk karena bisnis pribadinya atau sibuk kerana tugas-tugasnya sebagai karyawan. Jika sekali atau dua kali, dan tidak menjadi kebiasaan tidak masalah. Yang menjadi masalah jika jam makan yang tidak teratur berlanjut menjadi kebiasaan. Kenapa jam makan harus teratur dan sangat penting untuk tetap makan pagi, siang, dan malam?

Zat gizi yang dibutuhkan tubuh menjadi tidak seimbang ketika kita terlambat makan. Makan tidak teratur termasuk juga ketika kita hanya makan camilan pada waktu siang. Padahal tubuh membutuhkan nasi dan gizi lainnya serta karbohidrat, protein, dan lemak agar metabolisme tubuh tetap berjalan dengan baik. Ketika kita terlambat makan, gizi yang diperoleh tubuh juga berkurang. Belum lagi jika kita mengkonsumsi makanan yang tidak bergizi. Tubuh tidak akan mendapat gizi yang cukup dan tidak akan mampu mengimbangi aktivitas kita yang kadang berat. Akibatnya bisa saja kita jatuh sakit.

Awas-Konsumsi-Gorengan-Tingkatkan-Risiko-Kanker-Prostat
Lalu makan yang teratur itu seperti apa?
Makan yang teratur berarti memperhatikan jam makan, tidak hanya makan pagi. Tapi makan siang dan malam juga penting. Sering kali orang beranggapan bahwa makan malam membuat gemuk. Akibatnya banyak orang tidak makan malam tapi pagi makan berlebihan. Nah ini adalah salah satu pola makan yang salah. Metabolisme tubuh terganggu, pencernaan tidak lancar, dan terkadang maag bisa sakit.

Makanan yang seimbang harus mengandung zat gizi karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral sesuai kebutuhan. Walaupun makanan tersebut mengandung karbohidrat, protein, lemak, buah, dan sayur jika porsinya berlebihan, juga tidak baik bagi tubuh dan dapat mengakibatkan berat badan naik. Sebaliknya, orang yang tidak suka sayur dan buah-buahan, tetapi lebih suka makanan yang banyak mengandung karbohidrat (gula), tinggi lemak, kolesterol, dan protein juga tidak baik. Yang dimaksud makan teratur adalah memperhatikan jam makan, apa yang dimakan, dan seberapa porsinya. Ketika semua itu sudah terpenuhi dengan porsi yang sesuai dengan tubuh, maka barulah dapat dikatakan seseorang makan teratur.

images (3)
Hanya makan sayuran dan buah tidak akan membuat tubuh kurus, bahkan sebaliknya orang tersebut kekurangan gizi. Karena bagaimanapun tubuh masih memerlukan karbohidrat, lemak, dan protein dengan batasan dan takaran yang cukup. Jadi mulai sekarang, sebaiknya biasakan diri untuk makam secara teratur. Sesibuk-sibuknya kita, makan tetap merupakan suatu hal yang penting demi kesehatan kita.

“Sehat itu mahal, apa gunanya memiliki banyak uang jika tubuh tidak sehat”. (Redaksi)

facebooktwittergoogle_plusredditlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>