Santan / Lemak pada Makanan Bayi apa diperbolehkan?

tim ayam santanSantan mengandung lemak dan bisa dimanfaatkan untuk memasak dan membuat kue. Selain menambah kalori, penambahan lemak pada makanan juga akan memberi rasa gurih.

Santan bisa diberikan pada bayi sejak ia sudah mendapat makanan pendamping ASI (MP_ASI). Selalu tambahkan sayuran dalam nasi tim bayi, karena kandungan vitamin dan mineralnya sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Sayuran mengandung provitamin A yang di dalam tubuh akan dikonversi menjadi vitamin A dengan bantuan lemak. Untuk tujuan ini, perlu ditambahkan lemak pada nasi tim sesuai prosi bayi, misalnya sendok makan santan atau 1 sendok teh minyak goreng.

bubur santanSaat bayi anda sudah berusia lebih dari 1 tahun, makananya sudah boleh masuk ke menu keluarga, asalkan dipilih yang tidak berbumbu tajam dan teksturnya lunak. Beberapa jenis makanan yang memanfaatkan lemak seperti santan, mentega, margarin dan minyak misalnya:
Opor ayam.

 

 

  • Nasi uduk.
  • Sayur bayam bobor.
  • Semur daging giling yang dimasak memakai mentega atau margarine.
  • Fuyunghai yang memanfaatkan minyak.
  • Sup krim jagung yang mengandung lemak dari mentega dan susu.
  • Kue dan kudapan yang diolah memakai santan kue lapis. Talam ubi dan kolak pisang.

Simpan makanan olahan santan dalam kulkas, dan bila perlu dipansakan kembali sebelum dimakan kembali, karen amakanan ini mudah basi bila dibiarkan di udara terbuka bersuhu kamar.

facebooktwittergoogle_plusredditlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>